TIPS KEAMANAN YANG WAJIB DIKETAHUI SAAT PERTAMA KALI SEWA MOBIL

Menyewa mobil biasanya merupakan proses yang cukup cepat. Setelah Anda mengunjungi kantor persewaan mobil, memberikan dokumentasi yang diperlukan dan menandatangani perjanjian, Anda akan siap untuk masuk ke mobil dan pergi. Jika Anda telah melakukan ini berkali-kali sebelumnya, Anda akan sangat akrab dengan proses ini dan hanya akan melalui gerakan.

Namun, jika ini pertama kalinya Anda, ada banyak risiko keamanan dan keselamatan yang harus Anda waspadai. Penting bagi Anda untuk mengenali dan mengurangi risiko ini karena dapat membahayakan kesehatan fisik Anda. Hal baiknya adalah tidak ada risiko yang tidak dapat diatasi. Berikut ini adalah beberapa tips berguna untuk memastikan sewa mobil Anda tidak membahayakan keamanan pribadi Anda.

Membawa Senter

Anda mungkin harus mengambil mobil di malam hari. Jika Anda melakukannya, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk memeriksa eksterior dan interior mobil untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang kondisinya. Anda memerlukan senter kecil untuk latihan ini.

Sebagian besar model ponsel saat ini dilengkapi dengan senter internal yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut. Namun demikian, senter sangat penting sehingga tidak ada salahnya memiliki dua untuk berjaga-jaga jika Anda kehilangan satu.

Bawa Kamera

Anda tidak ingin dituduh atas kerusakan yang disebabkan oleh orang lain. Bawalah kamera dan ambil foto dari semua sudut utama eksterior dan interior mobil. Perhatikan kerusakan yang sudah ada sebelumnya yang mungkin tidak diakui oleh perusahaan rental mobil dalam perjanjian. Jika Anda melihat kerusakan seperti itu, laporkan dengan perwakilan persewaan mobil sesegera mungkin (sebaiknya sebelum Anda pergi dengan mobil).

Foto-foto tersebut akan berfungsi sebagai bukti jika agen persewaan mencoba mengaitkan kerusakan tersebut dengan Anda. Sama seperti senter, hampir semua model ponsel saat ini dilengkapi dengan kamera. Pastikan kamera memiliki lampu kilat untuk berjaga-jaga jika Anda perlu mengambil foto di malam hari atau dalam kondisi visibilitas rendah.

Periksa Ban

Jika ada satu bagian mobil yang paling berbahaya bagi keselamatan Anda, itu adalah ban. Ban yang rusak dapat secara tiba-tiba membuat Anda kehilangan kendali penuh atas kendaraan yang sedang bergerak dan dapat memicu kecelakaan yang mematikan.

Ergo, luangkan waktu untuk memeriksa ban mobil secara visual dan perhatikan tapak yang terlalu aus atau tidak rata. Jika tapak baik-baik saja, periksa tekanan ban untuk memastikan ban telah mengembang dengan benar. Jangan lupa lakukan hal yang sama untuk ban serep.

Biasakan Diri Anda dengan Mobil

Pertimbangkan mobil yang benar-benar baru bagi Anda. Bahkan jika Anda memiliki atau pernah mengendarai model yang sama, tidak ada dua mobil yang sama setelah mereka keluar dari pabrik. Goresan, penyok, bagian yang hilang, bagian yang rusak, modifikasi aftermarket, barang tertinggal atau hal-hal yang ditempatkan di kompartemen sarung tangan hanyalah contoh elemen yang membedakan mobil satu sama lain.

Luangkan waktu untuk mengenal dan memahami mobil. Sesuaikan cermin, kursi, jendela, dan kontrol suhu. Nyalakan lampu hazard, lampu depan, dan lampu sein. Uji wiper kaca depan. Pergi untuk test drive. Lakukan pencarian VIN gratis di VINCheck.info untuk mengidentifikasi setiap peristiwa penting dalam sejarah mobil.

Cari Tahu Kapan Mobil Terakhir Diservis

Pabrikan mobil merekomendasikan agar kendaraan diservis setelah beberapa mil atau bulan tertentu. Perawatan seperti itu tidak hanya dimaksudkan untuk memperpanjang masa pakai mobil, tetapi juga merupakan kesempatan bagi mekanik untuk mengatasi masalah apa pun sebelum menjadi mahal untuk diperbaiki. Minimnya servis berkala menjadi salah satu penyebab utama kerusakan kendaraan bermotor. Dalam kasus terburuk, bagian yang salah dapat memicu kecelakaan.

Ergo, tanyakan pada perwakilan persewaan mobil kapan terakhir mobil menerima layanan perawatan. Jika mereka tidak dapat memberikan jawaban, jangan naik mobil.

Kenali Kontak Sewa Mobil Anda

Anda tidak pernah bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada Anda ketika Anda berada di jalan. Penting bagi Anda untuk mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga seperti kecelakaan, mogok atau kehilangan kunci mobil. Jika ini terjadi, entitas pertama yang harus Anda hubungi adalah perusahaan rental mobil sewa alphard jakarta.

Sebagai pemilik mobil, mereka pada akhirnya memiliki keputusan akhir tentang apa yang harus Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini. Perusahaan persewaan juga memiliki informasi dan alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam waktu sesingkat mungkin.

Kiat-kiat ini akan membantu Anda tetap aman tetapi tentu saja tidak semua yang perlu Anda lakukan. Selalu ambil tindakan pencegahan yang masuk akal dan jangan melakukan apa pun yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *