6 Tip Teratas untuk Penggunaan Lensa Kontak yang Higienis

Ketika Anda melihat lebih baik, Anda menemukan lebih banyak. Tetapi di dunia yang sibuk ini sulit untuk melindungi mata Anda dari segala macam kerepotan. Pengenalan lensa kontak membantu Anda mengatasi masalah penglihatan Anda tanpa menghilangkan keanggunan mata Anda. Ini adalah cakram transparan tipis yang dikenakan di atas kornea.

Tujuan dasar dari lensa kontak adalah untuk memperbaiki gangguan penglihatan yang berbeda. Tapi hari ini mengenali dan mengatasi katarak penggunaannya beragam. Ini tersedia dalam berbagai bentuk, lensa kontak berwarna sedang populer saat ini. Keren dan nyaman untuk menggunakan segala jenis lensa. Tetapi banyak perhatian harus ditujukan untuk ini. Penggunaan kontak warna yang tidak tepat bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Berikut adalah tips kebersihan penting tertentu yang harus Anda ikuti saat menggunakan lensa kontak.

Tangan yang Bersih
Ini adalah tip pertama dan dasar yang harus diingat saat menggunakan sepasang lensa kontak. Selalu cuci tangan Anda sebelum menangani dengan lensa berwarna. Hindari menggunakan sabun yang mengandung parfum, minyak atau pelembab, karena dapat meninggalkan lapisan pada tangan. Ini akan menyebabkan  kemerahan dan iritasi pada mata Anda. Jaga kuku Anda tetap bersih, pendek dan bulat, jika tidak dapat klinik mata bekasi menyebabkan goresan pada lensa. Keringkan tangan Anda secara menyeluruh dengan handuk bebas serat setelah setiap kali mencuci.

Penggunaan Kosmetik
IT disarankan untuk mengoleskan kosmetik setelah memasukkan lensa kontak berwarna. Tips yang sama juga harus diikuti saat menghapus make up, yaitu menghapus make up terlebih dahulu, bilas tangan Anda dengan benar dan kemudian lepaskan lensa. Jika Anda menggunakan hairspray, oleskan sebelum memasukkan lensa kontak, jika tidak, hal itu dapat menyebabkan pelindung protein di atas lensa yang menyebabkan iritasi pada mata Anda.

Membersihkan lensa
Membersihkan lensa kontak Anda setiap hari merupakan bagian integral. Cairan pembersih serbaguna tersedia di pasaran untuk membilas dan menyimpan lensa kontak Anda. Jangan pernah menggunakan air keran untuk membersihkan lensa Anda. Air keran mengandung banyak bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada mata Anda. Larutan garam atau hidrogen peroksida dianjurkan untuk membersihkan lensa kontak. Bahkan jika Anda menggunakan kontak berwarna tanpa resep, lebih baik berkonsultasi dengan spesialis mata untuk memilih solusi yang tepat. Jangan gunakan solusi lebih dari satu kali

Tempat penyimpanan yang higienis
Pertahankan tempat penyimpanan yang bersih untuk kontak warna Anda. Dianjurkan untuk mengubah penyimpanan Anda setiap tiga bulan. Bersihkan kotak penyimpanan Anda setiap hari dengan air panas atau larutan steril dan keringkan dengan benar sebelum menyimpan lensa kontak.

Hindari beberapa penggunaan
Ini adalah tip yang sangat penting. Anda tidak boleh menggunakan lensa orang lain atau membiarkan orang lain menggunakan lensa Anda juga. Ini akan menyebabkan infeksi serius pada mata Anda.

Konsultasikan ke dokter
Mata pemakai lensa sangat sensitif. lebih baik memakai kaca pelindung UV atau topi saat Anda berada di luar di bawah sinar matahari. Lepaskan lensa dan konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin jika terjadi iritasi atau kemerahan. Lensa berwarna dapat menambah gaya Anda dan mempercantik mata Anda. Tapi dimasukkan ke dalam banyak perawatan; ikuti tips kebersihan ini untuk penggunaan lensa kontak yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *