Home Informasi tentang sertifikasi guru di Rayon 125 Universitas Tadulako http://rayon125.org/home.html Tue, 04 Aug 2015 07:21:50 +0000 Joomla! 1.5 - Open Source Content Management en-gb HATI-HATI TERHADAP PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN REKTOR DAN PANITIA PLPG http://rayon125.org/home/196-penipuan-plpg.html http://rayon125.org/home/196-penipuan-plpg.html PENIPUANDihimbau kepada seluruh guru agar tidak mempercayai janji-janji melalui Telepon atau SMS yang mengatasnamakn Rektor dan Panitian Sertifikasi guru yang menjanjikan kelulusan dengan melakukan Transfer Uang ke Rekening Tertentu. Kami tegaskan bahwa hal tersebut tidak benar

]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Thu, 08 Jan 2015 16:00:00 +0000
Apa itu Rekognisi Pembelajaran Lampau atau disingkat RPL ? http://rayon125.org/home/195-apa-itu-rekognisi-pembelajaran-lampau-atau-disingkat-rpl-.html http://rayon125.org/home/195-apa-itu-rekognisi-pembelajaran-lampau-atau-disingkat-rpl-.html Bagaimana bentuk penilaian dalam RPL akan di jelaskan seperti berikut :
  • RPL adalah suatu sistem penghargaan terhadap wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang mencerminkan pengalaman kerja dan hasil belajar yang dimiliki guru sebagai pengurang beban studi yang wajib ditempuh dalam sertifikasi guru melalui PPGJ.
  • Pengalaman kerja yang dimaksud dalam hal ini berkaitan dengan masa bakti, kemampuan dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran, dan prestasi tertentu yang dicapai.
  • Hasil belajar yang dimaksud dalam hal ini berkaitan dengan kualifikasi akademik yang telah diperoleh, pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti, dan prestasi akademik yang dicapai.

Adapun yang dinilai berupa :

No Komponen Sub Komponen
1 Pengalaman Pembelajaran dan Pengembangan Diri
  1. Deskripsi diri
  2. Pengalaman Mengajar
  3. Pendidikan S2/S3
  4. Pelatihan
2 Analisis Buku Ajar Sesuai Kurikulum 2013/Analisis Program Layanan BK/TIK Analisis Buku Guru/Siswa (Guru Kelas/ Guru Mapel) atau Analisis Program Layanan BK/TIK (Guru BK/TIK)
3 Perangkat Pembelajaran/Layanan Sesuai Kurikulum 2013
  1. RPP/RPBK/RPTIK
  2. Pengembangan Bahan Ajar/Layanan
  3. Media Pembelajaran/Inovasi Layanan
  4. Instrumen Penilaian
4 Analisis Penilaian Hasil Belajar/Layanan Bimbingan Siswa Sesuai Kurikulum 2013
  1. Dokumen Analisis Hasil Penilaian
  2. Dokumen Penyajian Hasil Belajar
5 Pembelajaran/Layanan Bimbingan Sesuai Kurikulum 2013 yang dibuktikan dengan rekaman video
  1. Orisinalitas
  2. Keterlaksanaan Langkah Pembelajaran/ Layanan BK/TIK
  3. Pendekatan Saintifik/Inovasi Layanan BK/TIK
6 Penilaian Atasan Langsung
  1. Penilaian Kepala Sekolah
  2. Penilaian Pengawas
7 Prestasi Akademik dan/atau Karya Monumental
  1. Guru Berprestasi/Guru Teladan/ Pemandu/ Instruktur/Guru Inti
  2. Karya Tulis Terpublikasi
  3. Presentasi Karya Ilmiah
  4. Penghargaan Prestasi di Masyarakat yg Relevan
  • Deskripsi diri digunakan sebagai alat bagi guru untuk menjelaskan keunggulan atau kebanggaan pribadi seorang guru atas prestasi dan/atau kontribusi yang telah dilakukan dalam menjalankan karirnya sebagai guru, khususnya terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru.
  • Dalam deskripsi diri ini guru diminta menguraikan dengan jelas apa saja yang telah dilakukan yang dapat dianggap sebagai pengalaman bermakna dan/atau kontribusi bagi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru.
  • Deskripsi diri perlu dilengkapi dengan contoh nyata yang dialami/dilakukan dalam kehidupan profesi sebagai guru. Guru dapat mendeskripsikan perannya sebagai motivator, inspirator, fasilitator, dan menumbuhkan rasa keingintahuan (curiosity).
  • Deskripsi diri mencakup tiga aspek, yaitu: pengembangan kualitas pembelajaran, pengembangan institusi sekolah, dan pengembangan kegiatan kesiswaan.
]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Tue, 06 Jan 2015 01:14:08 +0000
Persyaratan Peserta Sertifikasi 2015 http://rayon125.org/home/192-persyaratan-peserta-sertifikasi-2015.html http://rayon125.org/home/192-persyaratan-peserta-sertifikasi-2015.html Persyaratan peserta sertifikasi guru pada tahun 2015 dilaksanakan dengan bentuk Pendidikan dan Profesi Guru dalam Jabatan atau disingkat (PPGJ)

SASARAN SERTIFIKASI MELALUI PPGJ

  • Sertifikasi guru melalui PPGJ diperuntukkan bagi guru dalam jabatan yang berstatus PNS dan bukan PNS pada semua jenjang pendidikan baik sekolah negeri maupun swasta di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memenuhi persyaratan.
  • Jumlah sasaran secara nasional ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Penetapan sasaran peserta per provinsi dan per kabupaten/kota didasarkan pada data hasil uji kompetensi awal (UKA), termasuk guru yang bertugas di sekolah Indonesia luar negeri (SILN).

PERSYARATAN PESERTA

 

  1. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  2. Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dan masih aktif mengajar di sekolah di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kecuali guru Pendidikan Agama.
  3. Guru yang telah memiliki sertifikat pendidik dengan ketentuan:
    • Guru PNS yang sudah dimutasi sebagai tindak lanjut dari SKB 5 menteri harus memiliki Surat Keputusan Mutasi dari Bupati/Walikota.
    • Guru bukan PNS yang sudah dimutasi oleh yayasan pada bidang studi sertifikasi yang berbeda karena alasan linearitas, diusulkan oleh kepala sekolah dan disetujui oleh kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota.
  4. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
  5. Guru bukan PNS:
    • pada sekolah swasta yang memiliki SK pengangkatan sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (GTY),
    • pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan dari Bupati/Walikota, masa kerja minimum 2 tahun secara terus menerus yang dibuktikan dengan SK dimaksud.
  6. Pada tanggal 1 Januari 2016 belum memasuki usia 60 tahun.
  7. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter
Penetapan peserta akan dijelaskan pada artikel berikutnya
]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Thu, 01 Jan 2015 01:33:45 +0000
Nasib guru yang tidak lulus PLPG tahun 2014 http://rayon125.org/home/191-nasib-guru-yang-tidak-lulus-plpg-tahun-2014.html http://rayon125.org/home/191-nasib-guru-yang-tidak-lulus-plpg-tahun-2014.html Seperti kita ketahui bahwa pada tahun 2014, banyak guru yang tidak lulus PLPG. Bahkan ada yang telah mengikuti PLPG sebanyak 2 (dua) kali atau lebih bahkan 3 (tiga) kali atau selama 3 tahun berturut-turut. Bagi yang belum ikut PLPG hal ini mungkin tidak menjadi pertanyaan karena mereka pastinya akan mengikuti PPG dalam jabatan pada tahun 2015. Beberapa guru mempertanyakan bagaimana nasib mereka yang tidak lulus PLPG pada tahun 2014..?. Pertanyaan ini muncul kemungkinan di sebabkan oleh perubahan pola pelaksanaan sertifikasi guru dari PLPG menjadi PPG dalam Jabatan. Banyak guru yang merasa hawatir tentang hal ini, apakah mereka tetap terpanggil pada tahun 2015 atau tidak, karena pola yang mereka ikuti selama ini adalah PLPG. Sebagaimana yang telah dituliskan sebelumnya (Baca : Persyaratan peserta PPG dalam Jabatan tahun 2015) yang menyatakan bahwa persyaratan peserta PPG dalam jabatan pada tahun 2015, tidak adanya pembatasan masa kerja seorang guru. Namun pada saaat ini masih banyak guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006, olehnya itu yang di prioritaskan mengikuti PPG dalam Jabatan adalah guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006.

Berdasarkan hal tersebut maka guru yang tidak lulus PLPG akan tetap terpanggil mengikuti PPG dalam jabatan pada tahun 2015.

]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Fri, 26 Dec 2014 15:09:47 +0000
Apa saja yang dinilai pada PPG dalam jabatan tahun 2015? http://rayon125.org/home/190-apa-saja-yang-dinilai-pada-ppg-dalam-jabatan-tahun-2015.html http://rayon125.org/home/190-apa-saja-yang-dinilai-pada-ppg-dalam-jabatan-tahun-2015.html Website V2

Pelaksanaan PPG dalam jabatan yang akan di berlakukan pada tahun 2015, memiliki beberapa aspek yang dinilai. Penilain dalam PPG dalam jabatan mulai dari (1) Rekognisi masa lampau (RPL) 10 SKS. (2) Workshop pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran 12 SKS: 15 kali pertemuan (setelah diperhitungkan dengan ujian tulis). (3) Program pengalaman lapangan (PPL) 14 SKS: 16 kali pertemuan. Sebagaimana yang telah di tuliskan pada artikel sebelumnya (Baca : Mekanisme Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2015)

Rekognisi masa lampau (RPL) 10 SKS memiliki 7 (tujuh) elemen yang dinilai yaitu :

(1) Pengalaman Pembelajaran dan Pengembangan Diri, unsur yang dijadikan penilaian (a) Deskripsi diri, (b) Pengalaman Mengajar, (c) Pendidikan S2/S3, (d) Pelatihan

(2) Analisis Buku Ajar Sesuai Kurikulum 2013/Analisis Program Layanan BK/TIK dengan unsur penilaian yaitu melakukan Analisis Buku Guru/Siswa (Guru Kelas/ Guru Mapel) atau Analisis Program Layanan BK/TIK (Guru BK/TIK)

(3) Perangkat Pembelajaran/Layanan Sesuai Kurikulum 2013, dengan unsur yang dijadikan penilaian adalah (a) RPP/RPBK/RPTIK (b) Pengembangan Bahan Ajar/Layanan (c) Media Pembelajaran/Inovasi Layanan, (d) Instrumen Penilaian

(4) Analisis Penilaian Hasil Belajar/Layanan Bimbingan Siswa Sesuai Kurikulum 2013 (a) Dokumen Analisis Hasil Penilaian (b) Dokumen Penyajian Hasil Belajar

(5) Pembelajaran/Layanan Bimbingan Sesuai Kurikulum 2013 yang dibuktikan dengan rekaman video, dengan unsur penilaian berupa (a) Orisinalitas, (b) Keterlaksanaan Langkah Pembelajaran/ Layanan BK/TIK, (c) Pendekatan Saintifik/Inovasi Layanan BK/TIK

(6) Penilaian Atasan Langsung, dengan unsur penilaian (a) Penilaian Kepala Sekolah, (b) Penilaian Pengawas

(7) Prestasi Akademik dan/atau Karya Monumental, dengan unsur penilaian (a) Guru Berprestasi/Guru Teladan/ Pemandu/ Instruktur/Guru Inti, (b) Karya Tulis Terpublikasi (c) Presentasi Karya Ilmiah (d) Penghargaan Prestasi di Masyarakat yg Relevan

Rambu-Rambu Program Pengalaman Lapangan (PPL) 14 SKS: 16 kali pertemuan

(1) PPL dilaksanakan oleh peserta yang sudah lulus UTF.

(2) PPL dilaksanakan di sekolah di tempat guru bertugas.

(3) Beban belajar PPL 14 SKS dengan durasi waktu 60 hari, dengan ekivalen waktu 10 jam perhari.

(4) Supervisi dilakukan sebanyak 2 kali oleh guru inti atau pengawas/kepala sekolah yang ditunjuk.

(5) Peserta PPL wajib melaksanakan dan membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas yang disahkan oleh kepala sekolah dan dipublikasikan di perpustakaan/ruang baca sekolah.

(6) Uji kinerja dilaksanakan di akhir PPL oleh Asesor LPTK Penyelenggara dan guru inti (supervisor setempat), peserta wajib menyerahkan perangkat pembelajaran sebelum uji kinerja.

(7) Peserta yang belum lulus ujian kinerja, diberikan kesempatan menempuh ujian ulang maksimum dua kali.

(8) Peserta wajib menyusun laporan akhir PPL sesuai dengan format dan waktu yang ditentukan.

Workshop pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran 12 SKS: 15 kali pertemuan (setelah diperhitungkan dengan ujian tulis) mengikuti panduan yang akan disusun kemudian.

Hal yang terpenting untuk dipersiapakan oleh seorang guru adalah deskripsi diri, dan Pembelajaran/Layanan Bimbingan yang dibuktikan dengan rekaman video. Adapun terkait aspek penilaian diatas mengacu pada kurikulum 2013. Namun dengan adanya kebijakan Menteri Pendidikan yang membatasi pelaksanaan kurikulum 2013, maka kemungkinan tersbut akan mengalami perubahan. Terpenting bagi guru adalah mempersiapkan dokumen RPL yang dijadikan syarat untuk dapat mengikuti PPG dalam jabatan. Karena RPL merupakan dokumen yang perlu di persiapkan oleh guru yang akan di nilai oleh asesor di Rayon LPTK masing-masing provinsi. Penilaian RPL memungkinkan seorang guru tidak dapat mengikuti PPG dalam jabatan.

]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Mon, 22 Dec 2014 11:30:09 +0000
Persyaratan peserta PPG dalam Jabatan tahun 2015 http://rayon125.org/home/189-persyaratan-peserta-ppg-dalam-jabatan-tahun-2015.html http://rayon125.org/home/189-persyaratan-peserta-ppg-dalam-jabatan-tahun-2015.html Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa pelaksanaan sertifikasi guru pada tahun 2015 mengalami perubahan yang mendasar. Bentuk pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2015 adalah pendidikan profesi guru atau disingkat PPG. Dengan perubahan bentuk pelaksanaan sertifikasi guru apakah persyaratan peserta juga ikut berubah..? banyak pertanyaan dari rekan-rekan guru tentang hal ini. Bagaimana jawabannya..?

Pada tahun sebelumnya persyaratan peserta PLPG (bentuk sertifikasi dari tahun 2007-2014) adalah guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006. Pelaksanaan PPG dalam Jabatan pada tahun 2015 persayaratn peserta sedikit berubah. Perubahan mendasar adalah masa kerja seorang guru tidak di batasi lagi. Namun pada saaat ini masih banyak guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006, olehnya itu yang di prioritaskan mengikuti PPG dalam Jabatan adalah guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006.

Ini hanya Contoh : Sebagai contoh jika kuota sertifikasi pada tahun 2015 adalah 1.000 (seribu) orang, dan masi ada guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006, anggaplah 800 (delapan ratus) orang, maka yang 800 orang tersebut diisi oleh guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006. Sisanya diisi oleh guru yang terangkat setelah 01 Januari 2006, atau 200 (dua ratus orang).

Tentunya persayaratan utama harus memiliki NUPTK

Persaingan guru yang terangkat setelah 01 Januari 2006 sangat ketat, karena masa kerja bukan lagi persyaratan, sementara banyak guru yang terangkat setelah 01 Januari 2006. Sekarang pertanyaan yang muncul bagaimana proses seleksinya..? Seleksi peserta sertifikasi tahun 2015 berdasarkan nilai Uji Kompetensi Awal (UKA), jadi penentuan peserta sertifikasi didasarkan pada nilai UKA yang tertinggi. Sekali lagi Khusus yang terangkat setelah 01 Januari 2006.

Masih ada peryaratan yang lain, namun yang khusus dibahas disini adalah masa kerja karena itu merupakan pertanyaan yang banyak muncul.

Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar di bagian bawah, atau share jika cukup membantu.

]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Sun, 21 Dec 2014 16:15:19 +0000
Acara Penyerahan Sertifikat Pendidik 2014 http://rayon125.org/home/184-acara-penyerahan-sertifikat-pendidik-2014.html http://rayon125.org/home/184-acara-penyerahan-sertifikat-pendidik-2014.html Sesuai undangan panitia sertifikasi guru Rayon 125 Universitas Tadulako nomor : 179/UN28/PSG.Rayon125/KL/2014 teranggal 03 Desember 2014, tentang undangan penerimaan sertifikat pendidik bagi guru yang dinyatakan Lulus PLPG pada tahun 2014. Sesuai dengan tanggal pelaksanaan yang tercantum dalam undangan maka hari ini tanggal 11 Desember 2014, telah diserahkan sertifikat

pendidik ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke Kepala Kantor Kementerian Agama masing-masing. Sesuai undangan yang dikirim seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota hadir dalam acara penyerahan sertifikat pendidik. Olehnya itu semua sertifikat pendidik telah diserahkan ke semua Dinas Pendidikan di lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Dalam acara penyerahan sertifikat pendidik hadir pula perwakilan dari LPMP sebagai lembaga yang pemegang anggaran. Dengan penyerahan sertifikat pendidik ini maka proses pelaksanaan sertifikasi pada tahun 2014 telah selesai. Selanjutnya Guru akan berhubungan dengan Dinas Pendidikan masing-masing untuk menerima sertifikatnya.

Perlu kami sampaikan bahwa dokumen yang kami serahkan berupa :

1. Sertifikat Pendidik Asli 1 lembar

2. Foto Copy Sertifikat Pendidik sebanyak 10 Lembar yang telah di legalisir

Adapun anggaran foto copy yang kami berikan, tidak dipungut biaya karena telah masuk dalam anggaran pelaksanaan sertifikasi guru pada tahun 2014.

Baca : Pelaksanaan sertifikasi guru dari tahun 2007-2015

]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Thu, 11 Dec 2014 11:14:59 +0000
Undangan Penyerahan Sertifikat Pendidik http://rayon125.org/home/182-undangan-penyerahan-sertifikat-pendidik.html http://rayon125.org/home/182-undangan-penyerahan-sertifikat-pendidik.html Nomor       : 179/UN28/PSG.Rayon125/KL/2014 03 Desember 2014

Lampiran   : -

Hal             : Undangan Penyerahan Sertifikat Pendidik Tahun 2014

Yth. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Kepala Kantor Kementerian Agama

di Tempat

 

Dengan hormat disampaikan, sehubungan dengan telah selesainya seluruh rangkaian pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru dalam jabatan tahun 2014, maka kami mengundang Bapak untuk menghadiri acara penyerahan sertifikat pendidik oleh Rektor/Ketua Rayon 125 Universitas Tadulako kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari

:

Kamis

Tanggal

:

11 Desember 2014

Waktu

:

Pukul 14.00 Wita  – Selesai

Tempat

:

Ruang Senat Universitas Tadulako

Gedung Rektorat Lama Lantai 2

Kampus Bumi Tadulako Tondo Palu

Perlu kami sampaikan bahwa seluruh biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti kegiatan tersebut ditanggung oleh instansi masing-masing.

Demikian disampaikan atas perkenan dan kehadirannya diucapkan terima kasih.

Ketua PSG Rayon 125,

Dr. Amiruddin Kade, M.Si.

 

NIP. 19690703 199403 1 004

Selengkapnya Download Surat

Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

Kementerian Agama

]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Sun, 07 Dec 2014 18:15:45 +0000
Ujian Ulang 1 dan 2 yang di sertifikasi di Makassar http://rayon125.org/home/180-ujian-ulang-1-dan-2-yang-di-sertifikasi-di-makassar.html http://rayon125.org/home/180-ujian-ulang-1-dan-2-yang-di-sertifikasi-di-makassar.html Sehubungan dengan surat dari Panitia Sertifikasi guru Rayon 124 Universitas Negeri Makassar (UNM) Nomor : 1718/UN36.26/LL/2014 tentang permintaan lokasi pelaksanaan ujian ulang 1 dan 2 yang akan dilaksanakan di Rayon 125 Universitas Tadulako.

Pelaksanaan ujian ulang 1 dan 2 dilaksanakan pada :

Ujian Ulang 1 : Kamis, 20/11/2014

Ujian Ulang 2 : Jumat, 21/11/2014

Tempat : Ruang Panitia Sertifikasi Guru (FB 65) Kampus FKIP Universitas Tadulako, Tondo

Demikian di sampaikan

Lampiran :

Surat dari Panitia Sertifikasi Rayon 124

Daftar Nama Ujian Ulang 1 dan 2


]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Sun, 16 Nov 2014 14:08:51 +0000
Ujian Ulang 2 Kuota Kementerian Agama http://rayon125.org/home/175-ujian-ulang-2-kuota-kementerian-agama.html http://rayon125.org/home/175-ujian-ulang-2-kuota-kementerian-agama.html Bersama ini kami sampaikan peserta PLPG kuota Kementerian Agama yang mengikuti ujian ulang 2. Adapun jadwal pengulangan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggl         : Sabtu, 01 November 2014

Waktu                 : Pukul 08.00 sd 12.00 Wita

1. UTN  : Pukul 08.00 – 10.30 wita

2. UTL    : Pukul 10.40 – 12.00 wita

Tempat             : Kampus FKIP Universitas Tadulako Palu

Lampiran

Daftar Peserta Ujian Ulang 2

]]>
rayon25.untad@gmail.com (Haeruddin) Berita Terbaru Sun, 19 Oct 2014 13:23:31 +0000